Lanjutan Kisah Kartu Merah Messi

 

Laga Argentina kontra Chile hari Minggu lalu masih menjadi buah bibir di kalangan pecinta sepak bola. Pertandingan yang membuahkan live skor bola 2 – 1 untuk kemenangan Argentina nyatanya tidak cukup membuat Lionel Messi, sang punggawa Argentina, puas. Pasalnya, pertandingan tersebut membuahkan kartu merah bagi Messi. Di luar perkara pertandingan tersebut, Messi turut menyesalkan perihal korupsi yang menurutnya terjadi dalam tubuh Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL). Hal ini turut membawa-bawa Brasil yang kemenangannya atas Argentina dengan liveskor terbaru 2 – 0 dianggap salah satu bagian dari kebobrokan sang konfederasi.

Menyikapi tuduhan Messi, pihak CONMEBOL tidak menerima dianggap korupsi maupun bobrok dalam mengelola kompetisinya. Menurut CONMEBOL, kekalahan Argentina dengan live skor bola 2 – 0 dari Brasil adalah bagian dari fair play dalam sebuah pertandingan sepak bola. Pernyataan CONMEBOL seakan menyiratkan bahwa Messi tidak dapat legowo menerima hasil pertandingan yang tidak memuaskan.

s

 

Tidak hanya dari pihak CONMEBOL, pihak tim nasional Brasil juga turut mengomentari tuduhan Messi pasca diganjar kartu merah dalam laga perebutan juara tiga Copa America 2019. Tim yang baru saja menjuarai Copa America dengan liveskor terbaru 3 – 1 ini merasa kecewa dengan hal yang dituduhkan Messi kepada Brasil.  Dani Alves, salah satu pemain tim nasional Brasil menanggapi tuduhan Messi pada tim nasional yang dibelanya itu. Menurut Alves, Messi tidak sepatutnya menuduh seperti itu. Selain tidak menghargai konfederasi selaku penyelenggara, Messi juga dianggap tidak menghargai para profesional yang telah berjuang keras selama kompetisi berlangsung.

Selain tanggapan dari pihak-pihak yang terlibat dalam Copa America 2019, tanggapan juga bermunculan dari pihak luar. Salah satunya adalah dari para fans pesepak bola Christiano Ronaldo. Messi dihujat habis-habisan oleh fans Ronaldo tepatnya setelah insiden pelanggaran Messi yang mengakibatkan ia diganjar kartu merah. Setelah dikenai kartu, Messi langsung emosional. Sementara menurut para fans Ronaldo, dalam pelanggaran tersebut, Messi lah yang melakukan pelanggaran terlebih dahulu terhadap pemain Chile, Gary Medel. Rekaman video pertandingan menunjukkan bahwa Messi terlebih dahulu melakukan dorongan terhadap Medel. Hal ini terjadi saat keduanya saling berebut bola. Hujatan fans Ronaldo kepada Messi di media sosial pun tak terhindarkan.

 

Dari sekian banyak dampak yang ditimbulkan pasca insiden kartu merah Messi, dampak yang paling besar ialah larangan bermain bagi Messi dalam laga internasional sebanyak dua pertandingan. Namun bukan hanya itu saja, Messi juga terancam tak dapat bermain dalam laga internasional selama dua tahun. Hal ini menyangkut tuduhan Messi terhadap CONMEBOL. Selain tuduhan korupsi, tuduhan lain yang juga tidak dapat diterima oleh CONMEBOL ialah perihal pernyataan Messi bahwa Copa America sengaja dirancang untuk memenangkan Brasil.

Leave a Reply