Persib Kena Sanksi PSSI, Seperti Apa Saja?

Persib Kena Sanksi PSSI

Persib atau singkatan dari Persatuan Sepak BolaIndonesia Bandung merupakan klub sepak bola kebanggaan Povinsi Jawa Barat khususnya bagi Kota Bandung. Tidak heran jika Bobotoh penggemar atau fans berat dari Persib hampir meliputi seluruh daratan pasundan. Klub yang berjuluk Maung Bandung atau Harimau Bandung ini terkenal karena merupakan salah satu klub raksasa terbaik tanah air ini.

Hampir pada setiap kesempatan pertandingan tribun penonton pasti penuh oleh para suporternya. Berdiri sejak tahun 1933 Persib menjelma menjadi klub sepak bola yang cukup disegani oleh para lawannya karena hampir pada setiap lininya pasti diisi oleh para pemin bintang. Dalam setiap kompetisi liga Persib hampir dapat dipastikan selalu finish di urutan 5 besar, bahkan pada musim 1994-1995 Persib mampu menggondol Piala liga ke markas stadion Siliwangi Kota Bandung. Tidak hanya pada tahun itu saja Persib mampu mengangkat gelar juara liga, pada musim 2014 Persib kembali memuncaki tangga klasemen liga sehingga titel juara dapat mereka raih. Selain piala Liga Indonesia, Persib juga mengoleksi beberapa tropy juara lainnya seperti Piala Perserikatan, Piala Presiden, dan masih banyak lagi.

Dimusim 2019 ini Persib mengawali start liga dengan hasil yang cukup baik, kemengan demi kemenangan hampir selalu menyertai pada setiap pertandingan. Tercatat hingga saat ini Persib mampu bercokol diposisi nomor 4 klasemen sementara sesuai yang termuat pada laman liveskor terbaru.

Sanksi PSSI atas Persib Bandung

PSSI sebagai induk sepak bola di tanah air, baru-baru ini mengeluarkan keputusan yang sangat mengejutkan karena memberikan sanksi kepada Persib.  Mengutip pada laman liveskor terbaru, ada beberapa jenis sanksi yang dijatuhkan oleh Komdis (Komisi Disiplin) PSSI kepada Persib. Sanksi tersebut ditujukan kepada pemain, manager, bahkan hingga suporter Persib.

Sanksi Pemain

Sesuai jadwal bola yang telah ditentukan pada tanggal 21 Juli 2019 kemarin mempertemukan antara Persib vs PSIS Semarang terjadi hujan kartu kuning bagi kubu Persib. Tercatat wasit harus mengeluarkan 5 kartu kuning selama jalannya pertandingan. Hal ini menandakan jika duel tersebut tensinya sangatlah seru dan juga panas. Sebenarnya pada menit awal pertandingan berjalan biasa dan tensinyapun belum memanas, baru setelah 30 menit laga berjalan hujan kartu kuning dimulai. sanksi yang dijatuhkan kepada Persib atas insiden ini adalah denda sebesar Rp.50.000.000.

Sanksi Manajer

Selain pemain persib yang mendapatkan sanksi atas kejadian 5 Kartu Kuning dalam satu laga, PSSI juga menjatuhkan sanksi kepada sang manajer Persib Ummu Mukhtar. Manajer tersebut terbukti melakukan protes berlebihan dengan menggunakan umpatan dan berkata-kata kotor kepada wasit pada saat pertandingan berlangsung antara Persib vs Bali United pada tanggal 26 Juli 2019. Tidak tinggal diam Komdis PSSI akhirnya menjatuhi hukuman Ummu Mukhtar berupa larangan memasuki stadion selama jeda waktu 3 bulan.

Sanksi Suporter

Bobotoh atau Viking sebagai pendukung setia Persib juga tak luput dari sanksi PSSI. Jadwal bola yang mempertemukan antara Persib vs Bali United Bobotoh terbukti melakukan tindakan yang tidak terpuji selama pertandingan berlangsung dengan melemparkan botol minuman ke dalam lapangan. Karena ulah Bobotoh ini, akhirnya Persib dijatuhi sanksi berupa denda sebesar Rp. 90.000.000.

Leave a Reply