Kualifikasi Piala Eropa 2020: Belgia Pesta Gol ke Gawang San Marino

Belgia Pesta Gol ke Gawang San Marino

Timnas Belgia merayakan pesta gol atas San Marino pada Sabtu, 7/9/19.  Berdasarkan Liveskor Terbaru, poin penuh kembali diperoleh Belgia dalam pertandingan ke 5 kualifikasi Piala Eropa 2020 tersebut.  Kemenangan ini membawa Belgia ke dalam posisi puncak klasemen Grup I.  Unggul lima poin diatas Timnas Rusia.

Sebaliknya, San Marino harus menelan kekalahan dalam semua pertandingan yang telah dilalui.  Poin nol menempatkan San Marino pada posisi dasar klasemen Grup I.  Meski demikian, dalam pertandingan lalu Belgia mengalami kesulitan saat berupaya menjebol gawang San Marino.

Serangan Belgia disambut Dengan Strategi “Parkir Bus” San Marino

Hingga 20 menit babak pertama berlangsung, tim Belgia maupun San Marino bertahan dalam permainan yang lambat. Live skor bola mencatat pada menit ke – 36 barulah Belgia mendapat celah melalui sepakan jarak dekat Michy Batshuayi.  Namun serangan ini berhasil digagalkan oleh Simone Benedettini, kiper San Marino.

Akhirnya setelah 7 menit berselang, gol berhasil dicetak oleh Batshuayi melalui sepakan dari titik putih.  Gol ini diawali dari handball yang dilakukan oleh Mirko Palazzi.  Sejak awal San Marino bermain dengan strategi pertahanan ketat yakni strategi “parkir bus”., dimana hampir semua pemain outfield ditempatkan di depan gawang.  Pertahanan San Marino cukup membuat Belgia kewalahan dan hanya mampu mengakhiri babak pertama dengan skor 1 – 0.

Belgia Pesta Gol Pada Babak Kedua

Dua menit menjelang turun minum, San Marino berupaya melancarkan serangan ke gawang Belgia.  Namun upaya ini tidak membuahkan hasil.  Serangan tim Belgia justru semakin menjadi saat memasuki babak kedua.

Roberto Martinez, selaku pelatih timnas Belgia mengubah komposisi pemain dengan memasukkan Nacer Chadli dan Dries Mertens ke dalam lapangan.  Dua menit babak kedua berjalan, liveskor terbaru menampilkan gol kedua yang berhasil dicetak oleh Martens.  Sepakan jarak dekatnya tak mampu dibendung oleh kiper San Marino.  Lima menit kemudia,  gol ketiga dilancarkan oleh Chadli ke gawang lawan.  Tepatnya pada menit ke – 63, Chadli mencetak gol dari bola liar yang diberikan oleh Martens.

Tak puas dengan skor 3 – 0, Belgia memanfaatkan momen emas pada saat injury time yang diawali oleh manuver dari Yannick Carasso.  Umpan silang Carasso berhasil dibelokkan dengan manis oleh Batshuayi ke gawang San Marino pada menit ke – 92.  Pertandingan ini berakhir dengan kemenangan penuh timnas Belgia (skor 4 – 0).

Tetap Waspada Meski San Marino Bukan Lawan yang Seimbang

Sejak awal pertandingan memang diprediksi berjalan tak seimbang.  Riwayat pertandingan Belgia dan San Marino diwarnai dengan kemenangan penuh tim Belgia.  Tercatat sejak 1997 telah lima kali kedua tim ini bertemu.

Pertemuan terakhir yaitu pada 8/9/2005 di Olympisch Stadion, Belgia unggul dengan selisih skor  8 poin.  Perbedaan kekuatan yang didominasi oleh Belgia tak lantas membuat mereka besar kepala.  Sebelum memulai pertandingan, Roberto Martinez mengatakan bahwa timnya tetap waspada terutama pada strategi “parkir bus” San Marino.

Leave a Reply